Agar Kue Kering Hasilnya Sempurna

Sering kita anggap sepele dalam  membuat kue kering, dan hasilnya amburadul, rasanya aneh dan bentuknya tidak karuan. Serius membaca dan mempelajari resep dan mempersiapkan semua bahan bahannya, tapi hasilnya tidak seperti yang di bayangkan, kue keringnya tidak sempurna seperti yang kita inginkan. Setelah gagal berkali kali dalam percobaan membuat kue kering, akhirnya dapat di ambil kesimpulan agar kue kering hasilnya sempurna. Pernah baca di kompas online, kalau membaca resep sebaiknya jangan di telan mentah mentah karena resep hanya sekedar panduan . saja, dan hasilnya mengikuti selera kita.

Di bawah ini ada beberapa langkah langkah yang harus kita perhatikan dalam membuat kue kering :

  • Pilih bahan yang berkualitas dan baru, agar menghasilkan kue yang tahan lama meski tidak pakai pengawet, jika bahan yang kita pakai sudah hampir kadaluarsa akan membuat kue kering tidak tahan lama dan bau apek
  • Timbang bahan dengan teliti dan ikuti langkah langkah pembuatannya agar mendapatkan hasil kue yang sempurna
  • Sesuaikan bentuk kue, kalau di cetak ya harus di cetak jangan di sendok, kalau di sendok jangan di cetak semprit karena dalam membentuk / mencetak kue komposisi adonan sudah di sesuaikan.
  • Dalam membentuk kue perhatikan tebal tipisnya, jika kue terlalu tebal membutuhkan waktu lama dalam proses memasaknya dan hasilnya kue akan keras dan tidak renyah, dan sebaliknya jika kue bentuknya terlalu tipis akan cepat gosong dan mudah hancur.
  • Setelah kue dingin baru di masukan ke dalam toples yang bersih dan kering serta di tutup rapat, jika kue dimasukan dalam kondisi masih hangat akan membuat kue cepat melempem.
  • Untuk kue kering yang prosesnya di goreng, tiriskan betul betul dari minyak gorengnya, setelah itu letakkan di atas kertas tissue / kertas lainnya yang menyerap minyak, setelah yakin tidak berminyak baru di masukan ke dalam toples dan di tutup rapat.
  • Jika membuat kue kering pakai bahan tambahan seperti, kacang tanah, kacang mente, almond, kenari, wijen dll sebaiknya di sangrai terlebih dahulu sampai matang agar kue kering yang di hasilkan lebih wangi dan gurih, selain di sangrai bisa juga di oven.
  • Bila menggunakan cornflake, keripik kentang dll ke dalam adonan kue kering, sebaiknya setelah di bentuk kue kering di tusuk tusuk pakai garpu agar keripik / cornflake nya tetap renyah
  • Bila membuat kue kering memakai bahan tepung sagu, sebaiknya tepung sagu di sangrai terlebih dahulu dengan api kecil agar tepung sagu tidak lembab, dan kue yang di hasilkan wangi
  • Sewaktu kue kering dalam proses pengovenan, oven jangan sering di buka / di lihat agar kue dapat mengembang dengan sempurna.

Setelah mendapatkan kesimpulan diatas baru lah dapat membuat kue keringyang lebih baik dari sebelum sebelumnya, hal itu membuat semakin semangat untuk berkreasi membuat kue kering. Anakku senang melihat mamanya rajin membuat kue kering, papanya sedikit kasih komentar agar jangan sering sering karena membutuhkan dana tambahan serta tambah gendut, dan pastinya ikut makan kue kering.

About the Author