Tips Menghemat Kuota Internet Di Android

Kebutuhan internet pada smartphone Android cukup tinggi, kebutuhannya pun beragam. Tidak hanya untuk keperluan browsing saja melainkan ada yang harus terkoneksi dengan layanan pesan instan (BBM), jejaring sosial yang membutuhkan koneksi secara terus menerus. Bagi penggemar game tidak luput rasanya jika tidak mencicipi sensasi game online dan tentunya memakan kuota internet pula.

Pengguna perangkat Android lebih memilih paket kuota karena mereka beranggapan pilihan itu lebih baik daripada layanan unlimited, namun jika sudah kehabisan kuota internet bisa jadi mimpi buruk.

Layanan kuota banyak dipilih karena tranfer data yang diberikan sangatlah cepat dibandingkan dengan layanan unlimited. Namun terkadang kuota internet yang disediakan terasa agak kurang dan cepat habis. Bila kuota anda sudah habis koneksi internet otomatis akan menyedot pulsa anda.

Semakin sering kita melakukan akses internet, semakin cepat pula kuota data anda yang berkurang. Untuk itulah semuanya kembali ke masing-masing perilaku penggunanya.

Selain itu ada cara lain untuk menghemat kuota internet di perangkat android, berikut tips-tipsnya :

Hentikan aplikasi penyedot kuota

aplikasi penyedot pulsa kini semakin marak, mulai dari aplikasi jejaring sosial dan pesan instan yang bisa menyedot banyak kuota. Daripada menginstal semua jenis aplikasi, lebih baik pilih satu atau tiga saja, agar tidak memakan kuota internet terlalu banyak.

Jangan terkoneksi hingga 24 jam

Terkoneksi ke internet selama 24 jam memang menyenangkan, tetapi ada baiknya untuk mematikan fitur semacam ini terutama ketika waktunya istirahat atau tidur malam. Selain menghemat kuota, trik ini mampu membuat pengguna ponsel tertidur pulas tanpa harus bermain-main dengan perangkat kesayangan dan tidak terus kepikiran akan ponsel pintarnya.

Matikan fitur auto-sync menu

Auto-sync adalah sebuah fitur pada gadget yang fungsinya untuk mensiknronisasi gadget dengan server dari berbagai akun yang digunakan. Beberapa aplikasi tertentu membutuhkan auto-sync ketika terhubung ke internet dan tentu saja bakal menyedot kuota data secara banyak. Oleh karena itu, matikanlah fungsi ini pada aplikasi yang jarang anda gunakan.

Instal network manager

Kita dapat mencoba berbagai macam aplikasi penghemat kuota internet di Play Store. Salah satunya aplikasi keren untuk menghemat kuota internet adalah network manager. Aplikasi ini kami bilang keren karena pengguna diperkenankan mengatur batas kuota harian dan bila sudah mencapai batas ketentuan tertentu, maka aplikasi ini akan otomatis mematikan koneksi internet anda. Keren bukan ?

Perkecil resolusi gambar

Bila ingin browsing internet, sebaiknya perkecil resolusi gambar namun bila kebutuhan gambar dirasa tidak perlu sebaiknya di nonaktifkan saja. Pilihan paling tepat lainnya yaitu menginstal aplikasi opera mini, dengan menggunakannya browsing jadi lebih cepat dan hemat.

Matikan fitur auto update

Fitur yang satu ini juga mempengaruhi kuota anda. Tanpa sepengetahuan anda fitur ini dapat menguras kuota data internet. Sebaiknya anda matikan saja fitur auto update dan update seperlunya saja.

About the Author