Benarkah Jus Buah Itu Sehat ?

Indonesia merupakan negara tropis yang kaya akan ragam bahan pangan. Termasuk didalamnya adalah buah dan sayur yang kaya akan serat, vitamin, serta mineral yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Meskipun memiliki banyak manfaat namun tidak semua orang suka mengkonsumsinya secara langsung terlebih pada anak-anak, sebagai salah satu solusinya  adalah disajikan dalam bentuk jus.

Jus merupakan salah satu cara efektif untuk menikmati buah maupun sayuran. Selain dapat meningkatkan selera, mudah dikonsumsi karena tanpa mengunyah, nutrisi buah dan sayur dalam bentuk jus pun lebih cepat diserap oleh tubuh.

Namun taukah anda bahwa tidak semua jus itu sehat? Untuk memastikan bahwa jus yang anda konsumsi adalah sehat dan bermanfaat bagi kesehatan ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan:

  1. Perhatikan waktu yang tepat untuk minum jus

Waktu yang baik untuk minum jus adalah pagi hari karena tubuh membutuhkan asupan nutrisi untuk beraktivitas, dengan mengkonsumsi jus dalam keadaan perut kosong maka seluruh vitamin dan mineral yang terkandung didalamnya akan lebih mudah diserap oleh tubuh. Selain itu sebaiknya jus diminum langsung setelah dibuat agar tidak beresiko terjadi proses fermentasi yang pada akhirnya justru mengganggu kesehatan anda.

  1. Hindari mengkonsumsi jus dalam bentuk kemasan atau instan

Taukah anda bahwa jus yang dijual dipasaran apalagi dalam bentuk kemasan/instan belum tentu menggunakan buah asli, selain itu dikhawatirkan mengandung gula buatan, atau bahkan mengandung pengawet dan bahan kimia lainnya.

  1. Jangan buang seratnya

Pada saat menyajikan jus sebaiknya tidak dibuang seratnya, selain vitamin dan mineral, serat dalam jus juga dibutuhkan oleh tubuh terlebih bagi anda yang sering mengalami konstipasi

  1. Tanpa penambahan pemanis, baik gula maupun susu

Meskipun jus buah atau sayur  termasuk minuman yang sehat, apabila ada penambahan gula atau pemanisnya dan dikonsumsi secara berlebihan dapat berdampak buruk bagi kesehatan, apalagi bagi yang mengalami gangguan metabolik seperti diabetes, justru dapat memperberat penyakitnya. Selain itu bagi anda yang sedang menjalan program diet mengkonsumsi jus dengan penambahan gula atau susu dapat memicu kenaikan berat badan. Bagi anda yang ingin mengkonsumsi jus dengan rasa yang manis tanpa penambahan pemanis dapat disiasati dengan menggunakan kombinasi buah.

Nah demikian tadi beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam mengkonsumsi jus, bagi yang ingin minum jus sekaligus untuk mengatasi gangguan kesehatan seperti diabetes, hipertensi, asam urat, dan lain-lain. Semoga informasi yang kami sajikan bermanfaat terima kasih.

About the Author