KPK Tahan Mantan Sekjen Kementerian ESDM

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menahan tersangka WK (mantan Sekretaris Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral) untuk 20 hari ke depan di Rumah Tahanan Negara Klas I Jakarta Timur Cabang KPK yang beralamat di Rutan Pomdam Jaya Guntur, Jakarta. Tersangka ditahan dalam rangka kepentingan penyidikan dugaan tindak pidana korupsi dalam kegiatan sosialisasi sektor energi dan sumber daya mineral bahan bakar minyak bersubsidi, kegiatan sepeda sehat dalam rangka sosialisasi hemat energi, dan perawatan gedung kantor sekretariat jenderal di kementerian ESDM tahun anggaran 2012.

Berdasarkan pengembangan penyidikan, WK diduga melakukan perbuatan melawan hukum atau menyalahgunakan kewenangannya terkait kegiatan sosialisasi sektor energi dan sumber daya mineral bahan bakar minyak bersubsidi, kegiatan sepeda sehat dalam rangka sosialisasi hemat energi, dan perawatan gedung kantor sekretariat jenderal di kementerian ESDM tahun anggaran 2012. Akibat dari perbuatan tersebut,  negara diduga mengalami kerugian sekitar 11 miliar rupiah.

WK disangkakan melanggar pasal 2 ayat (1) atau pasal 3 Undang–Undang Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan atas Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo pasal 55 ayat (1) ke -1 KUH Pidana

About the Author