Wabup Ponorogo ‘Yuni Widyaningsih’ Jadi Tersangka Korupsi DAK

Dihadapan wartawan dalam gelar perkara, Kejaksaan Negeri Ponorogo, Jawa Timur akhirnya menetapkan Wakil Bupati Ponorogo sebagai tersangka kasus pengadaan alat peraga dalam proyek DAK tahun 2012 dan 2013 tepat pukul 12.20 siang tadi setelah beberapa waktu yang lalu memenuhi panggilan untuk diperiksa sebagai saksi.

“Kita menetapkan Wabup sebagai tersangka atas dasar keteranmgan saksi dan sejumlah barang bukti yang ada,”ujar Sucipto Kepala Kejaksaan Negeri Ponorogo.

Lebih lanjut ia menambahkan, peran Mbak Ida sapaan akrab Wabup sangat kuat, dimana dirinya bersama tersangka M. Nur Sasongko direktur CV Global Inc sebagai aktor intelektual dalam proyek ini.

“Sasongko bersama Yuni Widyaningsih sepakat untuk mengkondisikan proyek DAK tersebut agar bisa terlaksana pada waktu itu,”imbuhnya.

Kedua tersangka ini juga terbukti menerima fee dari total nilai proyek DAK tahun 2012 dan 2013 pada saat bertemu di Surabaya. “Wabup mendapat fee 22 persen dari nilai total proyek sebesar 8,1 milyar,”terangnya.

Kemudian Wabup yang akan habis masa jabatannya 2015 nanti walau sudah ditetatpkan menjadi tersangka namun belum kita lakukan penahanan, dimana sebagai kepala daerah harus dimintakan izin dari Presiden terlebih dahulu.

“Kita masih memberi waktu sampai 20 hari kedepan, sambil menunggu izin dari Presiden, namun jika terpaksa harus dieksekusi maka tidak akan menutup kemungkinan untuk kita lakukan,”jelas Sucipto.

Tersangka dijerat dengan pasal 2 ayat 1 primer dengan subsider ayat 3, Undang-undang nomor 31 tahun 1999 junto undang-undang nomor 21 tahun 2001 tentang tindak pidana korupsi

Seperti diberitakan sebelumnya bahwa pengadaan alat peraga SD DAK tahun 2012 dan 2013 Kejari Ponorogo telah menetapkan tujuh tersangka diantaranya tiga tersangka dari CV Global Inc termasuk direkturnya M. Nur Sasongko, kemudian tiga dari pejabat dilingkup Dinas Pendidikan Ponorogo dan satu tersangka yang mempunyai peran sebagai broker. Untuk kerugian negara kurang lebih 5,6 milyar.

About the Author