Saatnya Remaja Cerdas Kelola Keuangan

Apakah kita termasuk dalam 21,84% masyarakat Indonesia yang memiliki pengetahuan keuangan yang baik? Ilmu keuangan bukan hanya milik para pebisnis, eksekutif, dan mahasiswa ekonomi. Kita semua perlu dan harus memahami dasar-dasar ilmu ini. Lalu, sejauh mana pemahaman kita tentang pengelolaan keuangan?

Tingkat literasi keuangan Indonesia menempati urutan 27 dari 28 negara. Kita masih tertinggal dari negara-negara tetangga, seperti Singapura, Malaysia, dan Filipina. Selain itu, hanya 10,5% anak-anak usia 5-17 tahun yang membahas isu pengelolaan keuangan.

Youth Finance Indonesia adalah sebuah social-profit organization yang memberikan pendidikan literasi finansial untuk anak-anak muda Indonesia melalui berbagai inovasi program yang dinamis, elegan dan menyenangkan. Melalui media cerita pembelajaran yang inspiratif, seperti menggunakan tokoh pewayangan Jawa, pelatihan, konferensi dan kampanye media sosial seperti website, twitter, dan youtube, kami memiliki slogan “Saatnya Yang Muda Cerdas Finansial!” untuk bersama memajukan literasi finansial pemuda Indonesia.

Keberhasilan pendidikan literasi finansial melalui pendekatan serupa terjadi di Kanada. Tahun 2011, Junior Achievement Program of Canada mengedukasi 226.000 pemuda Kanada tentang pentingnya literasi finansial. Mereka dipertemukan dengan 13.500 mentor keuangan. 75% peserta mengapresiasi dan merasakan pengaruh yang besar dalam kemampuan keuangan mereka.
Youth Finance Indonesia mengundang teman-teman untuk ikut serta dalam diskusi dengan tema “Menghapus Potret Buram Literasi Keuangan Indonesia dengan Edukasi” pada Jagongan Media Rakyat 2014. Diskusi ini akan dilaksanakan pada:

Hari, tanggal: Sabtu, 25 Oktober 2014
Waktu: Pukul 12.30-14.30 WIB
Tempat: Ruang Ponsel, Jogja National Museum

About the Author