Nonton Televisi Malah Bikin Merasa Bersalah

Menonton acara televisi setelah lelah bekerja ternyata hanya membuat seseorang semakin merasa lebih buruk.

Peneliti di Universitas Johannes Gutenberg Mainz, Jerman dan Universitas VU Amsterdam, menemukan bahwa orang yang memiliki tingkat tinggi stres setelah bekerja kemudian menonton TV atau bermain video game tidak merasa santai atau pulih. Sebaliknya justru memiliki tingkat tinggi rasa bersalah dan perasaan gagal.

Situs dailymail memberitakan studi yang berjudul The Guilty Couch Potato‘, menyurvei 471 respoden tentang perasaan mereka setelah bekerja dan bagaimana cara mereka bersantai.

Hasilnya, mereka yang menonton televisi setelah lelah bekerja mengaku merasa bersalah karena ini membuat mereka tidak melakukan tugas-tugas yang lebih penting.

“Ini menunjukkan bahwa dalam kehidupan nyata, hubungan antara penggunaan media dan kesejahteraan sangat berbeda dan bahwa penggunaan media mungkin bertentangan dengan yang lain,” kata penulis studi Leonard Reinecke.

Mungkin sebagai solusi agar anda tidak stress setelah beberapa jam anda bekerja dalam satu hari, ada satu tips yang manjur dan banyak yang cocok dari hasil survey yaitu dengan mendengarkan radio, baik acara musik, cerita lucu, komedi, atau segala program radio yang bikin anda relax, itulah yang terbaik untuk anda, karena mendengarkan siaran radio anda tidak terfokus kepada satu pandangan seperti halnya nonton tv yang harus terus menerus memandang dan konsentrasi, sedangkan mendengarkan radio hanya telinga saja yang konsisten, untuk mata tetap bisa beralih kemana saja, bahkan bisa sambil dipejamkan alias istirahat.

ketika anda benar-benar lelah, anda cukup pasang telinga dan tak terasa anda tertidur ketika anda mendengarkan radio, apalagi yang suka mendengarkan cerita jawa atau wayang kulit, pasti tidur anda akan terasa lebih nyenyak sehingga anda tidak mengalami stress.

About the Author