Mengapa Perokok Harus Makan Selada Air Setiap Hari ?

Selada air (Nasturtium officinale/watercress) adalah sejenis sawi atau kubis relatif liar yang tumbuh bersih di sungai yang mengalir. Selada air merupakan bahan yang populer digunakan untuk salad dan sup dalam masakan khas Mediterania. Penelitian terbaru menemukan bahwa makan selada air secara teratur dapat mencegah berbagai macam penyakit kanker.

Penelitian ini cukup meyakinkan untuk memasukkan selada air dalam menu makanan harian setiap orang. Penemuan ini penting untuk orang-orang khususnya perokok yang rentan terhadap kanker.

Selada air sangat dihargai oleh penduduk Yunani Kuno. Hippocrates–bapak kedokteran modern–memilih untuk menempatkan rumah sakit di dekat sungai yang penuh dengan selada air.

Sebuah penelitian 2010 oleh University of Southampton menemukan bahwa bahan yang terkandung dalam selada air yakni phenylethyl isothiocyanate dapat menghentikan kanker payudara menyebar. Zat itu menghalangi pembentukan pembuluh darah baru sehingga mencegah tumor mendapatkan nutrisi untuk berkembang. Satu dari sembilan perempuan barat mengidap kanker payudara sehingga selada air mungkin berpotensi menyelamatkan ribuan nyawa.

Kabar baik lainnya tentang sayuran ini adalah datang dari sebuah penelitian 2007 yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition. Para peneliti menemukan bahwa mengkonsumsi selada air menurunkan kerusakan DNA dan risiko kanker. Hal ini juga membuat sel-sel lebih tahan terhadap kerusakan DNA di masa depan.

Kedua studi itu menguji efek sebenarnya makan selada air daripada menggunakan bahan kimia untuk pengobatan. Penelitian itu menemukan bahwa satu porsi berisi 80 gram selada air per hari sudah cukup memberi efek yang menguntungkan. Sudah pasti selada air layak masuk dalam menu diet Anda karena enak, rendah kalori, dan kaya akan vitamin A, vitamin C, dan yodium.

Untuk meningkatkan porsi selada air dalam menu diet Anda, gunakan daunnya untuk salad bersama ubi mentah. Bumbui dengan garam laut, lada, jus lemon, dan minyak zaitun. Selada air mentah sangat baik dikonsumsi bersama ikan berlemak seperti makarel juga pengganti daun selada yang biasa digunakan untuk salad.

Anda juga dapat membuat sup lezat dari segenggam daun dan batang selada air, bawang, dan kentang. Lengkapi makanan Anda lainnya dengan daun selada air yang segar.

About the Author